Wakapolri dan jajaran di Pos Pam Cikopo, Purwakarta/RMOLJabar

rmoljabarIdul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020 perayaannya berdekatan dengan hari libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Momentum ini dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mudik sekaligus liburan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan arus lalulintas sebesar 39 persen pada jalur tol Jakarta-Cikampek, hal tersebut juga terjadi pada jalur tol elevated.

Demikian disampaikan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono, saat mengecek kesiapan pengamanan arus mudik balik Idul Adha 2020 di Pos Pam Cikopo, Purwakarta, Kamis (30/7).

“Meski ada peningkatan, karena berbarengan dengan libur akhir pekan, namun semuanya terpantau masih lancar. Tidak ada kejadian laka lantas yang menonjol ataupun gangguan kriminal yang menonjol,” kata Komjen Gatot Eddy.

Namun demikian, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah antisipasi gangguan keamanan lainnya.

“Hal ini berkaitan juga dengan operasi kewilayahan mandiri atau operasi patuh lodaya 2020. Langkah-langkah persuasi dan humanis akan dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, termasuk dengan langkah KKYD,” ujarnya.

Sementara, mengatasi kemacetan arus lalulintas, kepolisian juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi di sejumlah titik. “Jika diperlukan, contraflow juga bisa dilakukan,” katanya.

Diketahui, Operasi Patuh Lodaya 2020 telah dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Juli lalu hingga tanggal 5 Agustus 2020 mendatang. Wakapolri juga mengingatkan agar dalam bertugas jajarannya tetap mempedomani protokol kesehatan Covid -19 dan sejumlah SOP yang telah ditetapkan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here