Bangun Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi, Ridwan Kamil Siap Gotong Royong

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai, pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam sidang Tahunan MPR RI 2020 sangat komprehensif.


Dalam pidatonya, ucap Ridwan Kamil, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah arahan salah satunya mengenai semangat gotong royong dan kebersamaan agar ekonomi di Indonesia dapat kembali bangkit.

"Presiden menyemangati kita walaupun hari ini seluruh dunia mengalami problema oleh Covid dan ekonomi, namun dengan semangat kebersamaan dan gotong royong kita harus memanfaatkan momentum ini untuk kebangkitan Indonesia," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPRD Jabar, Jumat (14/8).

"InsyaAllah dengan semangat kemerdekaan, ekonomi tetap positif dan berharap 25 tahun dari sekarang, 100 tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa menjadi bangsa besar, bangsa hebat melalui semangat gotong royong," tambahnya.

Pesan kedua Presiden Jokowi, kata Emil, yakni ucapan terimakasih kepada mereka yang berjuang di garda terdepan dalam melawan Covid-19.

"Kedua, pandemi Covid ini diberi pesan oleh Presiden agar kita fokus dan mengucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah berkorban khususnya kepada mereka yang sudah menyelamatkan Indonesia dari Covid dan kerja keras dari sisi ekonomi," katanya.

Selain itu, presiden memberi arahan dalam pemanfaatan media digital. Menurutnya, persatuan pun dapat direkatkan melalui teknologi digital.

"Ada pesan juga dari sisi digital sudah saatnya naik kelas menjadi bangsa yang memanfaatkan digital untuk kemajuan bangsa dan juga persatuan melalui yang namanya teknologi digital," tandasnya.