Bantu Kalangan Buruh, SPSI Siapkan Dana Pinjaman Khusus Rp10 Triliun

Bantu Kalangan Buruh, SPSI Siapkan Dana Pinjaman Khusus Rp10 Triliun

Untuk membantu kalangan buruh yang saat ini ikut terdampak pandemi covid-19, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bandung kini menyiapkan program pinjaman khusus.


Pada tahap pertama, program yang diberi label SPSI Peduli ini menyiapkan dana sebesar Rp10 triliun bagi sebanyak 100.000 buruh dengan maksimal pinjaman sebesar Rp10 juta per orang.

Begitu dikatakan Ketua Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit SPSI Kabupaten Bandung Uben Yunara dalam keterangannya kepada sejumlah wartawan, Kamis (21/5).

Uben menuturkan bila program ini diinisiasi SPSI bekerja sama dengan perusahaan besar di Jakarta sebagai penyedia anggaran yang akan mulai bergulir mulai awal Juni hingga Juli mendatang.

"Teknis untuk mendapatkan bantuan ini para buruh hanya diwajibkan mengajukan syarat berupa KTP-elektronik dan Kartu SPSI. Tanpa ada rekomendasi dari SPSI tidak bisa dicairkan," jelas Uben.

Bantuan pinjaman tersbut, tambah Uben, diprioritaskan bagi para buruh yang saat ini dirumahkan serta bagi yang saat ini telah berstatus kontrak dengan masa kerja sudah di atas 3 tahun.

"Untuk pengembalian pinjaman diambil dari upah kerja yang dibayarkan oleh perusahaan masing-masing. Karena program SPSI ini pun dikerja samakan dengan pabrik tempat buruh bekerja," tandasnya.