Bawaslu Jabar Siap Awasi Daerah Yang Menggelar Pilkada

Bawaslu Jabar Siap Awasi Daerah Yang Menggelar Pilkada

Pengawasan terhadap praktik promosi dan mutasi pegawai negeri sipil (PNS) gencar dilakukan Bawaslu Jabar di lingkungan pemerintahan kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020.


 

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan saat melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Majalengka, Jumat (14/2).

"Kita akan terus mengawasi praktek promosi pegawai dilingkungan Pemda yang sedang dalam tahap Pilkada," ujar Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan, Jumat (14/02).

Dalam melakukan pengawasan, ucap Abdullah, pihaknya akan fokus menyoroti soal netralitas aparatur sipil negara (ASN). Sebab, pelanggaran yang kerap muncul adalah terkait netralitas.

"Kita akan fokus pada netralitas ASN, karena itu yang kerap kali muncul dalam setiap Pemilu atau Pilkada," tuturnya.

Sampai saat ini, Bawaslu telah melakukan pengawasan dan penindakan terkait rotasi PNS di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya lainnya.

"Kita juga telah melakukan upaya penguatan fungsi pencegahan, sengketa, penindakan dan pengawasan di seluruh kabupaten/kota yang sedang dalam rangkaian Pilkada," ucapnya.