BPS Majalengka Sisir Para Tunawisma Tuntaskan Sensus Kependudukan

BPS Majalengka Sisir Para Tunawisma Tuntaskan Sensus Kependudukan
Petugas Sensus Penduduk sedang mendata Tunawisma/RMOLJabar

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka melakukan sensus penduduk dengan sasaran para tunawisma. Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi data kependudukan yang sebelumnya telah dilakukan secara online.


Kepala BPS Majalengka Jerison Sumual mengatakan, dalam rangka melengkapi data keseluruhan penduduk Indonesia secara khusus di Kabupaten Majalengka pihaknya melakukan sensus malam bagi mereka yang menyandang status tunawisma.

"Ya kita beserta rombongan yang terdiri dari Dinsos dan Satpol PP melakukan pendataan bagi para tunawisma yang belum tercatat dalam data kependudukan," ujar Jerison Sumual kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (16/9) dini hari.

Adapun para petugas menyisir beberapa titik yang dianggap sebagai tempat para tunawisma berkumpul bahkan istirahat. 

"Untuk lokasi pencacahan penduduk bagi tunawisma yaitu di kawasan terminal, stasiun, pasar, emperan toko, tempat umum atau dibeberapa fasilitas umum lainnya," ungkapnya.

Masih dikatakan Jerison, untuk merampungkan pendataan sensus penduduk sendiri akan terus dilakukan sampai tanggal 30 September mendatang, bagi mereka yang sudah terdaftar dalam sensus penduduk.

"Kalau sesuai jadwal sensus penduduk ini sampai tanggal 30 September, tetapi kita target di tanggal 25 September ini sudah selesai," tandasnya.