Penumpukan Sampah/RMOLJabar

rmoljabarDinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Purwakarta tindaklanjuti arahan dan imbauan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika terkait jam kerja petugas kebersihan di Purwakarta.

Sekretaris DLHK Purwakarta, Hariman Budi Anggoro didampingi Kepala Bidang Persampahan, Acep Yulimulya mengakui memang ada pengurangan waktu kerja petugas kebersihan utamanya ada petugas penyapu jalan. Hariman menyebut ada pembagian tim dari jumlah penyapu jalan yakni 130 orang.

“Kami bagi ke dalam dua tim. Mereka nanti bekerja selang-seling, misal Tim A hari ini kerja dan besoknya libur. Kami juga prioritaskan dahulu yang volume sampahnya lebih banyak untuk diangkut,” kata Hariman di ruangannya, Kamis (26/03).

Hariman menjelaskan adanya perubahan pola keberadaan sampah di kondisi corona saat ini, yakni sampah saat ini banyak di lingkungan masyarakat. Padahal sebelumnya banyak di perkantoran-perkantoran.

“Secara keseluruhan volume sampah sama saja dengan sebelum ada imbauan diam di rumah. Rute pengangkutan sampah dari Plered ke Cibungur akan dibuatkan jadwal kembali,” katanya.

Selanjutnya, Hariman juga meminta warga masyarakat untuk memaklumi jika sampah-sampah di siang hari tak terangkut, karena memang jam operasionalnya hanya sampai pukul 12.00 wib.

“Kami imbau warga membuang sampah sesuai Perda, yakni mulai pukul 18.00 wib sampai pukul 06.00 wib, dan tim kami menyisir sampah mulai pukul 05.00 wib,” ujarnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here