Demokrat Desak Usulan Pansus Jiwasraya Segera Ditindaklanjuti Pimpinan DPR

Demokrat ingatkan pimpinan DPR untuk segera menindaklanjuti usulan pembentukan Pansus Jiwasraya yang telah disampaikan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu sejak minggu lalu.


 

“Pada rapat-rapat, baik di Bamus maupun beberapa event-event tertentu, kami akan terus mengingatkan begitu," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Didik Mukrianto, di gedung parlemen, dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/2).

Usulan pembentukkan panitia khusus (Pansus), kata Didik, merupakan hak yang melekat pada DPR. Sehingga pimpinan DPR tidak perlu merasa takut untuk menindaklanjuti usulan Pansus Jiwasraya.

"Jadi, enggak ada urgensinya kemudian pimpinan untuk menahan apa yang menjadi keinginan para anggota DPR yang punya hak yang dijamin oleh konstitusi," ujar Didik.

Tugas pimpinan DPR adalah mengakomodasi hak-hak anggota. “Nilai politisasinya, terkait dengan usulan pansus, juga kecil sekali,” katanya.

Apa yang ditakutkan oleh pimpinan, begitu. Karena yang memutuskan adalah rapat paripurna, begitu," ujar Didik. Selain Demokrat, PKS juga telah menyampaikan usulan pembentukkan pansus Jiwasraya pada minggu lalu.

Total anggota DPR yang menandatangani usulan pembentukan Pansus Jiwasraya itu sebanyak 104 orang, 50 orang anggota DPR dari Fraksi PKS dan 54 orang dari Fraksi Partai Demokrat.