Disdik Kabupaten Cirebon Diminta Tak Diam Sikapi Pungutan Sumbangan Pendidikan

Beredarnya potongan video pendek saat rapat komite di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cirebon membuat geger. Dalam video tersebut, pihak sekolah meminta sumbangan kepada wali murid sebesar Rp 300 ribu.


“Pada dasarnya sumbangan itu seikhlasnya dan tidak boleh dipatok besarannya,“ ujar anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Yoga Setiawan menanggapi peristiwa tersebut, Rabu (9/9).

Yoga pun mengingatkan agar sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Cirebon tidak mematok besaran sumbangan kepada para orang tua siswa.

“Jika ada sekolah yang berani sampai mematok harga sumbangan itu akan menjadi catatan merah bagi Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon," tegasnya.

Selain itu, Yoga berharap Dinas Pendidikan (Disdik) setempat tidak tinggal diam jika ada sekolah memungut sumbangan. Apalagi jika sumbangan tersebut diminta secara paksa dan memberatkan masyarakat.

“Kami minta Disdik kembali mengedukasi setiap sekolah baik itu SD ataupun SMP tidak meminta sumbangan secara memaksa dan memberatkan," tuturnya.