Sampah disamping sungai/RMOLJabar

rmoljabar Seperti ingin cuci tangan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung menyebut bila timbunan sampah di aliran sungai bukanlah tanggung jawabnya.

 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bandung Yula Zulkarnain bahkan mengatakan pihaknya bisa melakukan pengangkutan sampah jika sudah didarat.

“Sampah di sungai bukan kewenangan kami. Kecuali kalau sudah ada di darat dan ada koordinasi dengan aparatur setempat baru bisa di angkut,” ungkap Yula, Jumat (14/2).

Yula menuding bila sampah di aliran sungai walau secara wilayah masuk Kabupaten Bandung tetap tanggung jawab pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC).

“Semestinya BBWSC yang tanggap dengan melakukan tindakan pembersihan seperti yang diharapkan warga. Karena tidak semua titik jadi tanggung jawab kami,” kata Yula.

Diakui Yula, saat ini banyak beberapa pihak mengasumsikan masalah sampah ada di DLH. Masyarakat tidak tahu karena memang tidak ada sosialisasi dari instansi tertentu.

“Sehingga DLH jadi sasaran pelampiasan masyarakat. Hal itu perlu diklarifikasi dan kami tegaskan sampah di atas permukaan sungai kewenangan BBWSC,” pungkas Yula.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here