Emil Optimis Bisa Kendalikan Harga Bawang Putih

Emil Optimis Bisa Kendalikan Harga Bawang Putih

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara terkait naikanya harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional. Dirinya pun mengaku telah menginstruksikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar dalam pengendalian kenaikan bawang putih.


 

Emil sapaan Ridwan Kamil mengungkapkan, strategi saat ini tak jauh berbeda dengan yang dilakukan dalam menyikapi kenaikan harga cabai. Pihaknya akan secara rutin memantau harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional.

"Perintah saya ke Disperindag sama seperti kita mengendalikan cabe. Jadi proaktif di bawah, pastikan suplai jangan terkendala dalam hitungan hari, sebelum harga meningkat kita sudah bisa intervensi," ucap Emil, di Gedung Pakuan Bandung, Selasa (11/2).

Dengan langkah tersebut, Emil meyakini akan efektif dan membuat harga bawang putih relatif stabil. "Buktinya cabe lebih baik dibandingkan Jakarta secara keseluruhan. Mudah-mudahan strategi ini juga bisa dilakukan kepada bawang putih," ungkapnya.

Meski tidak mengetahui pasti pasokan bawang putih lokal. Namun, dirinya memastikan akan rutin berkoodinasi dengan Disperindag di daerah untuk mengecek alur pendistribusian bahan pokok agar tidak terhambat.

"Saya ga hafal volumenya, tapi kebutuhannya sama. Orang Jabar itu kan hasil surveynya sebagian pendapatan besarnya itu makan, perut. Jadi urusan sembako itu menjadi prioritas," tandasnya.