KP3D Bawaslu Majalengka/RMOLJabar

rmoljabar Pengenalan pendidikan Pemilu bagi masyarakat, terutama di kalangan remaja atau pemilih pemula diberikan Bawaslu Kabupaten Majalengka melalui Kegiatan Pengenalan Pengawasan Pemilu dan Demokrasi atau KP3D.

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana menerangkan, KP3D adalah langkah pihaknya guna membangun simpul-simpul pengawasan di semua lapisan masyarakat, terutama di Kabupaten Majalengka.

“Terutama kalangan pemilih pemula untuk mengetahui bagaimana tahapan-tahapan dalam Pemilu,” ujar Agus, di kantor Bawaslu Majalengka, Selasa (25/2).

Sebagai realisasi amanat Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu Nomor 21 Tahun 2018 tentang pengawasan-pengawasan pemilihan umum, KP3D dilaksanakan dengan tujuan investasi kepemiluan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Jangka pendek sebagai pengenalan dan mampu menciptakan kader pengawasan partisipatif dan penggerak masyarakat dalam bidang kepemiluan. Adapun jangka panjangnya, program ini berkesinambungan dan menjadi model kegiatan dalam meningkatkan pengawasan partisipatif,” imbuhnya.

Untuk kepesertaan KP3D, jelas Agus, diikuti 12 siswa yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari SMK Nasional Jatiwangi dan SMK Muhammadiyah Majalengka. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 25-28 Februari 2020.

“Saya berharap ke depannya program ini bisa merambah ke Sekolah Menengah Atas yang ada di Majalengka untuk meningkatkan jumlah partisipasi kaum milenial dalam pengawasan pemilu mendatang,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here