RMOLJabar. Langkah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang secara terbuka menyatakan permintaan maaf terkait kejadian di Surabaya, Jawa Timur yang menyinggung masyarakat Papua dan Papua Barat mendapat pujian Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto

“Saya mengapresiasi Gubernur Jatim Ibu Khofifah yang telah meminta maaf secara terbuka,” kata Wiranto usai rakat koordinasi bersama Menteri Dalam Negari Tjahjo Kumolo di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/8).

Apresiasi pun dilayangkan Wiranto kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang secara tegas menyatakan dan menghimbau seluruh masyarakat Papua untuk tidak memperpanjang insiden di Surabaya, untuk kembali merajut persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga kedamaian di tanah Papua.

“Dan kepada masyarakat, saya meminta agar tidak terpancing dan terpengaruh berita-berita negatif dari pihak yang ingin merusak persatuan,” ujar Wiranto seperti dimuat Kantor Berita RMOL.

mantan Panglima ABRI ini memerintahkan Polri dan TNI agar melakukan pengusutan secara menyeluruh dan mengadili siapapun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum terkait insiden tersebut.

Wiranto juga berpesan agar TNI Polri lebih mengedepankan tindakan persuasif disamping sikap tegas dan terukur dalam rangka menangani aksi massa yang terjadi.[son

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here