Grab Indonesia/RMOLNetwork

rmoljabar Disaat masyarakat Indonesia tengah menjalani aturan menjaga jarak fisik dengan tetap berkegiatan di rumah, seperti yang diamanatkan Presiden Joko Widodo. Grab berkomitmen terus melayani para pengguna sekaligus melindungi kesejahteraan dan pendapatan mitra pengemudi serta mitra merchant.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, layanan pesan-antar makanan menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Untuk menjaga serta meningkatkan kepercayaan pelanggan, penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan memiliki peranan penting.

Grab juga mengembangkan sejumlah pedoman, perangkat, dan materi pelatihan baru yang membantu mengimplementasikannya dengan mudah ke dalam proses kerja harian mitra. Dengan demikian, Grab bersama mitranya dapat meningkatkan standar keamanan pangan di Indonesia dan berkontribusi dalam memerangi Covid-19.

“Saat masyarakat Indonesia menjalani perannya dalam memerangi pandemi dengan tetap berada di rumah, mitra pengemudi dan mitra merchant kami menjadi garda terdepan menjaga komunitas agar tetap berjalan. Kami tersentuh melihat mitra pengemudi, mitra merchant, pelanggan, dan karyawan kami bersatu mendukung satu sama lain,” kata Neneng, Sabtu (27/3).

Menurutnya, semua mitra pengantaran juga disarankan selalu mencuci tangan serta membersihkan tas pengantaran mereka dengan desinfektan secara teratur sebelum dan setelah mengantarkan pesanan. Selain itu, Grab Driver Center dan GrabKitchen juga dilengkapi area pengisian hand sanitizer atau disinfektan.

“Sehingga mitra pengantaran dapat dengan mudah mengaksesnya dan mendesinfeksi tas pengantaran makanan secara teratur sepanjang hari,” tuturnya.

Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood

Neneng menjelaskan, banyak restoran, terutama UMKM, harus mengubah cara beroperasi, dari mengurangi jam operasional, hingga tidak melayani pelanggan untuk makan di tempat. Bisnis kuliner pun tengah menghadapi ancaman turunnya angka penjualan yang mempersulit memenuhi pendapatan harian dan menggaji karyawan, sehingga mereka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. 

“Untuk para merchant, GrabFood telah mengembangkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu program yang berjalan selama tiga bulan untuk membantu mereka melalui masa sulit dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood. Program ini ditujukan untuk mendukung mereka menghemat biaya dan mendorong permintaan pelanggan,” terangnya.

Lebih lanjut, papar Neneng, program tersebut mencakup sejumlah strategi untuk mendorong permintaan dengan peningkatan visibilitas dalam aplikasi Grab, promosi khusus, serta kategori khusus restoran lokal dan merchant favorit. Program tersebut dapat membantu merchant menghemat biaya melalui berbagai mekanisme, termasuk program cashback bagi pembelian kebutuhan pokok dan potongan harga pembelian wadah makanan.

“GrabFood juga telah berinvestasi besar dalam teknologi untuk mendukung mitra merchant agar mereka dapat melakukan promosi secara langsung dengan fleksibilitas penuh melalui aplikasi merchant mereka untuk tetap melayani pelanggan di rumah dan menggratiskan biaya antar GrabFood untuk pelanggan,” paparnya.

Bantuan untuk Mitra Pengemudi dan Pengantaran

Sementara untuk mitra pengemudi yang menjadi garda terdepan dan selalu siap melayani masyarakat selama pandemi ini, Grab telah mempersiapkan Paket Bantuan GrabCare yang terdiri dari bantuan keuangan dan medis. Bantuan tersebut diberikan jika mereka diharuskan melakukan karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif Covid-19.

“Mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar juga akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta (untuk GrabBike) dan Rp3 Juta (untuk GrabCar) apabila dinyatakan positif Covid-19 dan dimandatkan untuk menjalani karantina,” jelasnya.

Selain itu, mitra GrabCar juga dapat menggunakan asuransi Mandiri In-Health mereka untuk melakukan klaim terkait Covid-19, seperti pemeriksaan medis, konsultasi dokter, rontgen dada, tes darah secara berkala.

Sementara bagi pelanggan yang ingin memberikan apresiasi dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada mitra pengantaran GrabFood dapat memberikan bintang penilaian dan tip mulai dari 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, 30 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here