Popi Hopipah/RMOLJabar

Harga bawang putih di pasar tradisional Kabupaten Bandung melonjak signifikan dalam beberapa pekan terakhir ini. Pantauan RMOLJabar pada Rabu (12/2) harganya berada dikisaran Rp52.000 per kilogram.

 

Kepala Dinas Perdagangan dan  Perindustrian (Disperin) Kabupaten Bandung Popi Hopipah menduga meroketnya harga bawang putih karena dipengaruhi kebijakan pemerintah pusat menghentikan impor dari China.

Meski begitu Popi meminta masyarakat Kabupaten Bandung tidak resah terhadap persoalan bawang putih ini. Karena pihaknya terus melakukan langkah pemantauan dilapangan terkait sejauh mana ketersediaan stoknya.

“Stok bawang putih untuk Kabupaten Bandung hingga Maret 2020 mendatang masih aman dan tersedia. Sebab stok bawang putih di Kabupaten Bandung terbantu oleh produk lokal,” klaim Popi.

Popi menyebut bawang putih produk lokal bisa memenuhi 40 persen kebutuhan di Kabupaten Bandung. Popi pun kembali mengingatkan masyarakat tidak panik meski daerah lain mulai alami keterbatasan stok.

Terkait terus meroketnya harga bawang putih, Popi mencatat sebetulnya kini perlahan turun. Beberapa hari yang lalu harganya berkisar Rp62.000 per kilogram tapi kini sudah mulai turun di kisaran Rp52.000.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here