Proses pemeriksaan hewan kurban/RMOLJabar

rmoljabar Jelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 31 Agustus mendatang, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksa Hewan Kurban Kota Bandung telah melakukan pemeriksaan kepada 12.806 ekor hewan kurban yang tersebar di 24 kecamatan di Kota Bandung.

“Sampai tanggal 27 kemarin, tahun kemarin 22 ribu,” kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, di Kota Bandung, Selasa (28/7).

Lebih jauh Gingin menjelaskan, untuk sapi, Tim Satgas sudah melakukan pemeriksaan kepada 3,828 ekor sapi. Sedangkan untuk domba sebanyak 8,978 ekor.

Kemudian pada saat di lapangan, beber Gingin, Tim Satgas menemukan cukup banyak hewan yang tidak sehat. Di antaranya lantaran memiliki penyakit ringan maupun yang belum memenuhi cukup umur.

“Sapi yang sehat 3,653 ekor sedangkan tidak sehat 175 ekor. Kalau domba yang sehat 7,721 ekor dan tidak sehat 1,257 ekor,” terangnya.

“Yang tidak sehat rata-rata karena cacingan, sakit mata, diare, sakit kulit, karena betina, cacat, patah kaki hanya satu ekor, dan paling banyak belum cukup umur,” imbuhnya.

Menurut Gingin, setiap hewan yang layak untuk kurban minimal harus memenuhi 5 syarat. Di antaranya yaitu, sehat, tidak cacat, tidak kurus, kelamin jantan, dan cukup umur (Sapi minimal 2 tahun, Kambing minimal 1 tahun).

“Yang sehat kami berita tanda kalung sehat warna ijo, yang tidak sehat kami pindahkan tempatnya,” tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here