HMI Ciamis Tuding Bos Alfamart Tak Berkontribusi Pada Penanganan Wabah Corona

HMI Ciamis Tuding Bos Alfamart Tak Berkontribusi Pada Penanganan Wabah Corona

Penyelesaian Pandemi Covid-19 perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengusaha toko swalayan harus banyak berkontribusi jangan hanya mencari untung.


Demikian diungkapkan Bendahara HMI Cabang Ciamis, Asep Ahmad Muzaki, Kamis (23/4).

Dia mendesak PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) yang ada di Kabupaten Ciamis untuk segera membantu masyarakat dalam situasi pandemi Corona atau Covid-19.

"Seharusnya perusahan ritel Alfamart sigap dalam menyikapai situasi yang terjadi saat ini, masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari para 'Bos' atau pemilik usaha" katanya.

Menurutnya, berbeda dengan pengusaha ritel lainnya seperti Indomaret yang sudah memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop).

"Indomaret sudah memberi bantuan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 1200 buah satu bulan yang lalu," ujarnya.

Asep menegaskan bahwasanya para pemilik toko swalayan Alfamart jangan hanya mencari keuntungan saja, belum lagi masih ada beberapa tokonya yang belum mempunyai izin usaha toko swalayan (IUTS).

"Seharusnya, pihak Alfamart membuat sebuah langkah yang nyata untuk masyarakat yang membutuhkan, sampai hari ini kontribusi dari pihak Alfamart dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Ciamis sangat nihil," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa prioritas kebutuhan masyarakat saat ini bukan lagi terkait alat pelindung diri (APD) atau masker. Lantaran sudah banyak donatur yang membagikan dari mulai perseorangan maupun lembaga.

"Yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat pada saat ini yaitu kebutuhan pangan, dengan adanya social atau physical distancing yang mengharuskan masyarakat diam di rumah perekonomian masyarakat kecil kian menurun," tegasnya.