HUT RI Ke-75, Jokowi: Saatnya Lakukan Lompatan Besar

Presiden Joko Widodo menyebut, di hari kemerdekaan RI yang ke 75 tahun, saatnya Indonesia melakukan lompatan besar untuk keluar dari krisis pandemi Covid-19.


"Saatnya kita bajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan lompatan besar pada usia ke 75 tahun ini," ucap Jokowi, dalam Pidato Kenegaraan di sidang Tahunan MPR RI 2020, Jumat (14/8).

Jokowi mengatakan, masih ada waktu 25 tahun lagi sebelum bangsa Indonesia memasuki 100 tahun kemerdekaan menuju negara maju.

"Dan 25 tahun lagi pada usia seabad, Republik Indonesia harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara yang maju," ungkapnya.

Menurutnya, untuk menjadi negara maju, Indonesia harus menguji kesiapsiagaan dan kecepatan. Belajar dari masa pandemi, semuanya harus dilakukan secara cepat, dalam waktu yang sangat singkat.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental melakukan transformasi besar menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan," tandasnya.