Gerakan Tanam Palawija Di Ciamis/RMOLJabar

rmoljabar Gerakan tanam palawija dilaksanakan Camat Cipaku, Kabupaten Ciamis. Bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Wijaya Kusumah, Camat Cipaku Yayan Muhammad Supyan membuka lahan baru untuk ditanami kacang tanah.

Yayan mengungkapkan, luas lahan pertanian di wilayahnya sangat potensial untuk ditanami berbagai jenis tanaman palawija. Namun, beberapa lahan kurang produktif.

Maka dari itu, pada Kamis (4/6) ini pihaknya bersama Kapolsek Cipaku , Danramil 1308 Cipaku, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Wijaya Kusuma Kampung KB Dusun Cikananga, Desa Selamanik membuka lahan untuk tanam kacang tanah dan Jagung di atas lahan seluas 5 hektare.

“Pembukaan lahan dan penanam palawija ini sesuai dengan instruksi Bupati Ciamis untuk menanam tanaman yang cepat panen dan tidak dijualbelikan keluar daerah antisipasi rawan pangan di tengah Covid-19 ,” ujar Yayan.

Dia mengungkapkan, adanya gerakan tanam palawija ini selain untuk ketahanan pangan juga guna meningkatkan produksi palawija serta sebagai alternatif pendapatan yang bisa diperoleh para petani kedepannya.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mencanangkan Gerakan Tanam Palawija, dengan tujuan mengajak para petani untuk menanam palawija berbagai jenis guna memenuhi pangan di tengah bencana Pandemi Virus Corona Baru atau Covid-19.

Dia juga menekankan kepada seluruh Camat di Tatar Galuh ini agar pro aktif bersama warga untuk melaksanakan Gerakan Penanaman Palawija. Bahkan, Herdiat tidak segan untuk mencopot jabatan camat di daerah apabila ada warga di wilayahnya yang mengalami kelaparan.

“Memperingatkan kepada Camat, kalau ada yang meninggal karena kelaparan bagi masyarakatnya, Camat tersebut akan dicabut jabatannya,” ujar Herdiat saat menggelar Rapat Koordinasi Virtual di Aula Setda Ciamis, Senin (4/5) lalu.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here