Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/RMOLJabar

rmoljabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersiap diri jelang aktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. Pasalnya, jalur KA tersebut sudah nonaktif puluhan tahun.

 

Ridwan Kamil mengatakan, kehadiran kereta api tentu memberikan alternatif bagi wisatawan untuk pergi ke Garut. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang datang ke daerah dengan julukan Swiss van Java itu.

“Di mana ada konektivitas, di situ ada peningkatan ekonomi. Setiap datang arus manusia, ekonomi akan meningkat, pariwista khususnya. Tolong disambut dengan konsep ekonomi berkelanjutan dan merangkul semua warga,” kata Emil, sapaan karab Ridwan Kamil, saat berkunjung ke Kabupaten Garut, Minggu (26/1).

Menurut Emil, jika tak ada perubahan jadwal, pekan depan reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut akan diresmikan. Kehadiran kereta itu, warga dari berbagai penjuru akan semakin mudah datang ke Garut.

“Nanti kita resmikan. Saya juga akan coba langsung,” ujarnya.

Sebelumnya, PT KAI telah melakukan uji coba lokomotif di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Kamis (23/1). Uji coba masuknya lokomotif itu merupakan yang kali pertama, setelah jalur kereta itu dinonaktifkan sejak 1983 silam.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here