Peresmian Jembatan Gantung yang menghubungkan Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis/RMOLJabar

rmoljabar Jembatan gantung sepanjang 169 meter dan lebar 2 meter berhasil menyambungkan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Jembatan tersebut dibangun di atas sungai Citanduy dan menghubungkan antara Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Ciamis dengan Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

 

Secara langsung, jembatan tersebut diresmikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih serta dihadiri Dandim 0613/Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio, Rabu (12/2).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, jembatan gantung yang dibangun dalam waktu sembilan hari tersebut merupakan program Jembatan Harapan untuk Negeri. Pembangunan jembatan sendiri didanai Yayasan Bakrie Amanah dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM).

“Kami bersyukur atas terbangunnya jembatan perintis ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah menginisiasi pembukaan akses masyarakat di kedua desa, yang kebetulan berada di dua wilayah kabupaten dan kota yang berbeda,” ujar Herdiat.

Dengan dibangunnya jembatan gantung tersebut, Herdiat menilai, perekonomian masyarakat Ciamis maupun Banjar dapat meningkat. Selain itu, aktivitas masyarakat di kedua desa yang berbeda daerah tersebut akan semakin mudah.

“Saya minta masyarakat untuk dapat menjaga dan merawat jembatan ini. Pemerintah juga akan memfasilitasi penerangannya,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih menyebut, dengan dibangunnya jembatan gantung diharapkan kedua desa akan lebih saling berinteraksi demi peningkatan perekonomian di kedua wilayah.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Bupati Ciamis (Herdiat), ke depan jembatan ini akan dikembangkan menjadi jembatan permanen, sehingga kendaraan roda empat bisa lewat,” ucap Ade.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here