Bupati Bandung Dadang M Naser bersama Istri Kurnia Agustina/Ist

rmoljabar Pengamat Politik dan Ilmu Pemerintahan dari Unpar Bandung Asep Warlan menilai bila memang serius ingin maju di Pilkada Istri Bupati Bandung Kurnia Agustina harus menunjukan kualitasnya.

Menurut Asep, kualitas sebagai calon pemimpin perlu ditunjukan oleh sosok Kurnia. Sebab jika itu diabaikan bukan tidak mungkin isu dinasti politik akan digoreng lawan politik sehingga merugikan Golkar.

“Pada prinsipnya (istri Bupati Bandung Dadang M Naser) Kurnia harus mampu mengemas promosi bukan karena datang dari keluarga besar penguasa saat ini,” kata Asep saat dihubungi wartawan, Kamis (4/6).

Kalau popularitas putri dari Mantan Bupati Bandung sebelumnya (Obar Sobarna) itu hanya ditunjang keluarga besar, dalam pandangan Asep maka akan sulit untuk mengambil hati para pemilih di Pilkada.

“Tapi kalau strategi politiknya lebih ditekankan pada kualitas Bu Nia (sapaan akrab Kurnia) maka dia akan unggul. Jadi tumpuannya bukan pada keluarga besar tapi pada kualitas dirinya,” papar Asep Warlan.

Demi kualitas demokrasi yang baik, Asep mendorong agar Golkar sebagai partai penguasa di Kabupaten Bandung melakukan semacam konvensi internal dalam proses penentuan kandidat yang akan diusung.

“Melalui konvensi yang fair terbuka justru akan membuat citra Golkar Kabupaten Bandung terjaga di tengah isu politik dinasti yang mencuat. Itu akan lebih demokratis┬ádan menunjukkan kualitas,” saran Asep.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here