Soal Dugaan Pemalsuan Data Diri, Legislator Jabar Tak Mengetahui

Soal Dugaan Pemalsuan Data Diri, Legislator Jabar Tak Mengetahui

Seorang anggota DPRD Jabar diduga telah memalsukan data diri dengan mengubah tahun lahir untuk bisa melenggang sebagai legislator dalam Pileg 2019.


 

Menanggapi adanya rekan seprofesi yang diduga memalsukan data diri, anggota DPRD Jabar Fraksi Partai Golkar, Yod Mintaraga mengaku belum mengetahui permasalahan tersebut.

"Belum tau, saya belum tau, saya lagi di Solo. Belum tau," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Jabar, Yod Mintaraga, saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (21/1).

Sebelumnya, Unpad mengeluarkan pernyataan telah terjadi dugaan pemalsuan data dalam ijazah Unpad milik salah seorang anggota DPRD Jabar. Munculnya pernyataan ini memantik berbagai reaksi. Termasuk dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Subang, daerah dimana anggota DPRD itu berasal.

Diketahui, pihak Disdukcapil Subang juga telah melakukan perubahan data tahun lahir pada akta kelahiran milik anggota dewan tersebut. Pengakuan Disdukcapil, pihaknya mengeluarkan perubahan dalam akta kelahiran yang bersangkutan pada tanggal 14 Juli 2018. Perubahan itu dilakukan berdasarkan ijazah yang dikeluarkan Unpad. Kemudian dua dokumen ini digunakan R untuk memuluskan langkahnya dalam Pileg 2019 lalu.

Perkembangan terakhir, kemarin, Senin (20/1) Ombudsman telah melakukan pemeriksaan terhadap Disdukcapil Subang. Secara resmi melalui kepala Ombudsman RI perwakilan Jabar, Haneda Sri Lastoto menyatakan, ditemukan dugaan maladministrasi dalam perkara ini.