Kasus Covid-19 Kemenkes Jadi Alarm, Pemerintah Harus Beri Contoh Baik

Kasus Covid-19 Kemenkes Jadi Alarm, Pemerintah Harus Beri Contoh Baik
Netty Prasetiyani Heryawan/Net

Banyaknya pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang terinfeksi Covid-19 membuat Komisi IX DPR RI prihatin. Dengan temuan tersebut, semua pihak di lingkungan Kemenkes diminta tetap waspada, termasuk di kementerian lainnya.


Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Heryawan, dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (16/9).

"Virus memiliki daya tular (virulensi) yang tinggi dan tak tebang pilih, tua muda, ekonomi menengah maupun atas, perkotaan maupun pedesaan semua berpotensi," kata Netty Prasetiyani.

Politisi PKS tersebut juga mengingatkan semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat, termasuk pemerintah. Pasalnya, pemerintah sudah seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Jangan sampai instansi pemerintah jadi contoh buruk penerapan protokol kesehatan. Ini menjadi alarm kesekian kalinya bagi pejabat di Kemenkes untuk segera mengambil kebijakan strategis dan tepat agar bisa melindungi rakyat, termasuk di dalamnya pegawai kementeriannya sendiri," sambung Netty.

"Tingkatkan upaya preventif dan kuratif penanganan Covid-19 baik di tingkat kementerian maupun nasional," kata Netty lagi.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati mengatakan ada pegawai Kemenkes yang terpapar dan mengalami gejala ringan Covid-19. Mereka diminta untuk menjalani isolasi mandiri, sementara yang menunjukkan gejala berat dirujuk ke rumah sakit.

"Iya ada pegawai terpapar dan positif Covid-19. Namun, kasus ini angka kumulatif dari awal dan sekarang angka bergerak karena banyak yang sudah sembuh," kata Widyawati, Senin (14/9) lalu.