Abdullah Gymnastiar/Net

rmoljabar Masyarakat diimbau untuk disiplin dalam menghadapi wabah virus corona (Covid-19). Pasalnya, kunci berakhirnya wabah yang menjadi pandemi global ini ketika semua bertanggungjawab dengan menerapkan disiplin.

Begitu imbuan yang disampaikan Pendakwah yang juga Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym.

“Negara-negara yang disiplin berhasil menekan (Corona), tidak seperti negara yang tidak disiplin,” kata Aa Gym, Minggu (5/4).

Kiat menerapkan disiplin di kala corona mewabah di antaranya menggunakan masker. Mengingat, Covid-19 menyebar karena droplet atau percikan. Kemudian melakukan social distancing, atau menjaga jarak satu sama lain.

“Diam di rumah kalau tidak ada kewajiban, kalaupun wajib keluar jaga jarak. Jangan biarkan ada penularan karena ada jarak dekat,” ujar Aa.

Selanjutnya, disiplin menjaga keberhasilan seperti mencuci tangan menggunakan sabun. Sebab virus tidak akan hidup di tempat yang bersih, terang dan kering.

Tidak kalah penting disiplin menjaga kondisi tubuh. Dengan asupan makan yang cukup seimbang seperti banyak sayuran dan buah-buahan, minum, serta tidur yang cukup.

“Olahraga 30 menit sehari, hindari stres membaca, memikirkan sesuatu yang membuat daya tahan tubuh kita jadi lemah,” beber Aa.

“Terakhir kunci disiplin menggapai pertolongan Allah dengan memperbaiki ibadah salat tepat waktu berjamaah, baca Qur’an, banyak munajat, banyak istighfar, dan kunci utamanya lagi adalah banyak sedekah. Inilah saatnya kita menolak bala dengan menolong sesama. Semoga disiplin ini akan mendatangkan pertolongan Allah dan wabah diambil dan hidup kita bisa berkah. Selamat berjuang,” tutup Aa Gym.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here