Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga/RMOLJabar
Target untuk bisa masuk peringkat 60 besar universitas terbaik di Indonesia pada 2020 dicanangkan Universitas Widyatama. Untuk mencapai target tersebut, Universitas Widyatama akan mengeluarkan 2.000 jurnal pada tahun ini.

 

“Seiring Yayasan Universitas Widyatama yang menginjak usia ke 47, kita juga berupaya meningkatkan universitas hingga terbaik di level nasional,” ungkap Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga, Sabtu (11/01).

Menurutnya, tahun 2019 Universitas Widyatama telah masuk dalam 100 universitas terbaik di Indonesia. Untuk memaksimalkan capaian tersebut, pihaknya akan melakukan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, jumlah terbitan penulisan jurnal ilmiah mahasiswa, dan para dosen juga akan ditingkatkan. Jurnal ilmiah sebagai hasil penelitian menjadi indikator penilaian utama dalam menaikan ranking kampus ke level nasional.

Oby sapaan Obsatar Sinaga mengatakan, saat ini jurnal ilmiah yang berhasil diterbitkan Universitas Widyatama sudah mencapai 600 jurnal pada 2019. Pihaknya pun menargetkan sebanyak 2.000 jurnal di tahun 2020.

“Pada 2020 ini kami punya slot sekitar 5.000 jurnal, mungkin kami ambil 2.000 jurnal di tahun ini,” ujarnya.

Oby menjelaskan, Universitas Widyatama dalam pembuatan jurnal ilmiah memiliki pemberdayaan SDM khusus, baik bagi mahasiswa maupun para dosen. Di antaranya dengan melakukan latihan-latihan teknik penulisan.

“Kami ada pelatihan khusus bagi mahasiswa dan untuk dosen-dosen. Dan jurnal itu di-submit di seluruh dunia. Kami punya jalur di Eropa dan Amerika,” katanya.

Selain penulisan jurnal ilmiah, papar Oby, proses peningkatan predikat kampus juga harus ditopang dengan profesionalitas para dosen. Disamping itu, pengabdian terhadap masyarakat juga menjadi indikator lainnya.

“Penilaian ini enggak hanya penerbitan jurnal, tapi dari hasil pengajaran di kampus dan pengabdian terhadap masyarakat. Yang paling utama memang jurnal ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here