Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/RMOLJabar

Guberur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku telah memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar untuk melakukan penindakan terhadap kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum guru terhadap siswa di SMA Negeri 12 Kota Bekasi.

 

“Terkait insiden kekerasan dari guru di Bekasi sudah saya perintahkan Dinas Pendidikan dan sudah dilakukan yaitu dipecat, sudah diberhentikan sebagai guru dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut, masuk narapidana atau tidak itu sedang diteliti,” ucap Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2).

Emil pun mengimbau, setiap guru agar memperlakukan anak didinya seperti anaknya sendiri. Karena menurutnya, karakter setiap anak itu berbeda.

“Saya mengimbau kalau sudah punya niat profesi sebagai guru harus sabar karena anak-anak itu karakternya beda-beda ada kuat otak kiri, kuat otak kanan, ada yang motoriknya lebih aktif, ada yang pendiam, harus dengan rasa sayang, karena murid itu melihat guru sebagai orang tua,” kata Emil.

“Orang tua di rumah adalah ibu bapak kandungnya, orang tua di sekolah adalah gurunya. Makanya kalau sebagai orang tua di sekolah dalam pendidiknya harus dengan kasih sayang bukan dengan kekerasan,” sambungnya.

Selain itu, Emil pun meminta kejadian tersebut untuk dijadikan pembelajaran agar kedepannya peristiwa seperti itu tidak terulang kembali.

“Saya mengimbau supaya semua guru menjadikan peristiwa ini sebagai hikmah dan pelajaran dan tentunya yang bersangkutan sudah diberikan tindakan tegas dari pemerintah,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here