Study in Holland and Scholarship Info Session, Nuffic Neso Indonesia/RMOLJabar
Bekerjasama dengan Holland Alumni Belanda di Purwakarta. Nuffic Neso Indonesia gelar study in Holland and Scholarship Info Session di aula Normaal School Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Purwakarta, Rabu (15/1).

 

Sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari alumni Belanda di Purwakarta, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Komisi 4 DPRD Purwakarta, Perwakilan Komisi 5 DPRD Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Sekda Purwakarta, Akademisi di UPI Purwakarta dan mahasiswa, nampak hadir dalam agenda yang digelar di Jalan Veteran tersebut.

Acara ini diawali dengan sambutan Direktur UPI kampus Purwakarta, yang disampaikan oleh Prof. Turmudi. Dalam sambutanya, Prof. Turmudi menegaskan bahwa pada prinsipnya tidak terlalu banyak perbedaan antara Purwakarta dan negara Belanda. Negara Belanda banyak diapit dengan air, begitupun Purwakarta.

“Perlu kiranya Purwakarta belajar dan mempelajari lebih lanjut kepada negeri Belanda dalam urusan tata kelola air juga bagaimana mengelola dan mempertahankan nilai-nilai budaya,” katanya.

Menurutnya, inilah mengapa alumni Belanda di Purwakarta menginisiasi program ini, (Info session seputar studi dan beasiswa di Belanda) dengan harapan akan semakin banyak lagi masyarakat Purwakarta yang berkesempatan belajar di Belanda di kemudian hari.

Selain itu, ia juga mengatakan, sudah saatnya alumni Belanda di Purwakarta berperan aktif dan kontributif untuk kemajuan daerah, khususnya Purwakarta.

Setelah program study in Holland and Scholarship Info session, acara dilanjutkan dengan Holland alumni gathering dan meeting yang dimoderatori oleh Holland alumni officer Nuffic Neso Indonesia, Dito Alif Pratama.

Acara gathering selama 3 jam yang digelar di the two elements cafe Purwakarta ini menghasilkan sebuah kesepakatan untuk memfasilitasi kerjasama di bidang internasionalisasi pendidikan antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Kampus UPI Purwakarta, dan Nuffic Neso Indonesia.

Kongkritnya adalah dengan mengadakan Holland alumni gala dinner Bersama Pemkab Purwakarta dan  Purwakarta International education Fairs (PIEF) 2020 pada hari Rabu, 18 Maret 2020 mendatang di Kampus UPI Purwakarta.

Melalui program Purwakarta International education Fairs (PIEF) 2020 diharapkan akan semakin banyak masyarakat Purwakarta yang makin bersemangat untuk belajar  hingga jenjang yang lebih tinggi dan dan berkesempatan mendapatkan informasi dan beasiswa untuk belajar di luar negeri.

Untuk diketahui, Neso Indonesia Netherlands Education Support Office (Neso) adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda.

Neso adalah perwakilan Nuffic, organisasi Belanda yang menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi. Neso Indonesia menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here