Koperasi Di Majalengka Berhasil Bangun Perekonomian Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Koperasi Di Majalengka Berhasil Bangun Perekonomian Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Perkembangan koperasi di Kabupaten Majalengka di tengah pendemi Covid-19 seperti ini terjadi geliat yang positif dalam membangun perekonomian masyarakat.


Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Majalengka Sadili, bahwa di tengah pesimisme sebagaian besar masyarakat terhadap keberadaan koperasi, namun kini itu semua terbantahkan oleh adanya geliat yang diwujudkan koperasi di Majalengka.

Itu semua ditandai dengan adanya salah satu fakta yaitu Koperasi Wanita yang berada di Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi bernama Koperasi Al-Barokah yang anggotanya beranggotakan ibu-ibu berjumlah 267.

Dalam pengelolaan manajemen koperasinya sampai sekarang berhasil menghimpun aset sampai 3 milyar dengan SHU hampir 400juta dalam setahun.

"Melihat geliat keberhasilan dari koperasi Al-Barokah ini terdapat dua hal yang menjadi dasar filosofi yang dijalankan yakni kehati-hatian dan kejujuran," ujar Sadili kepada Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (10/9).

Dua modal tersebut, sambung Sadili, jujur dalam pengelolaan dan kehati-hatian terkait mengalokasikan dana kredit kepada anggotanya, dengan konsep itu diyakini mampu menjadikan koperasi bisa mensejahterakan anggotanya.

"Dengan keberhasilan koperasi Al-Barokah, kami berharap keberhasilan tersebut mampu menginspirasi dan bisa juga diikuti oleh koperasi-koperasi lainnya di seluruh Kabupaten Majalengka," ucapnya.

"Kami yakin bahwa dengan keberhasilan bangkitnya koperasi bisa menjadi benteng pertahanan bagi masyarakat di dalam situasi pandemi Covid-19 seperti, sehingga tidak terjadi resesi ekonomi yang berkepanjangan bagi bangsa dan negara," tandasnya.