Ridwan Kamil mengunjungi Pasar Sederhana untuk mengecek kebutuhan pangan/Istimewa

rmoljabar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi Pasar Sederhana, Kota Bandung untuk memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat di tengah kekhawatiran akibat penyebaran virus corona.

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil didampingi sang istri Atalia Praratya Kamil dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar, M Arifin Soendjayana.

“Di pagi ini, kami mengecek secara umum kebutuhan pokok masyarakat. Harga masih terkendali, kecuali gula pasir yang biasanya Rp12.000/kg, sekarang jadi Rp17.000/kg,” ucap Emil, sapaan akrabnya, Rabu (18/3).

“Kemarin gula pasir langka karena impornya yang terhambat, sekarang sudah lancar,” tambahnya.

Emil memastikan, stok dan distribusi bahan pokok di Jabar masih aman. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak belanja berlebihan di tengah situasi pandemi Corona ini.

“Jadi, warga jangan panic buying dalam situasi pandemi Corona virus ini. Normal-normal saja, kami pastikan sembako lancar dan aman,” ungkapnya.

Menurutnya, pergi ke pasar untuk membeli bahan pokok merupakan kebutuhan yang sifatnya wajib. Namun, Ia meminta agar warga tetap menjaga jarak dan tetap waspada.

“Jaga jarak, jangan terlalu dekat, kalau sudah tak enak badan gunakan masker,” ujarnya.

Emil menjelaskan, pembatasan aktivitas sosial (social distance) bukan berarti tidak boleh melakukan hal apapun.

“Social distance itu menjaga jarak semaksimal mungkin dan tidak boleh melakukan kegiatan yang sifatnya tersier dan gak wajib,” katanya.

Social distance, lanjut Emil, merupakan wujud partisipasi masyarakat untuk mencegah pandemi Corona yang kini sudah menyebar di dunia, termasuk di Jabar.

“Kami enggak minta apa-apa, kerjakan hal-hal produktif di rumah. Insya Allah masalah cepat selesai,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here