Ilustrasi imunisasi/Net

rmoljabar Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, kini Puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung sudah membuka pelayanan program imunisasi bagi anak.

Demikian informasi yang disampaikan, Bidan Lusiana Dewi, di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Soreang dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (24/6).

Menurut Lusiana, bila normalnya pemberian imunisasi pada anak di lakukan di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), namun di masa pandemi layanan dipusatkan di Puskesmas.

“Tentunya (Petugas Puskesmas) tetap memperhatikan protokol kesehatan, antara lain wajib bermasker, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Puskesmas Soreang misalnya, kata Lusiana, membuka layanan imunisasi pada hari Senin dan Rabu, dan hanya menerima 20 atau 25 pendaftar per hari menghindari kerumunan.

“Pelayanan pun dipisahkan dari pelayanan umum. Ibu dan bayi bisa langsung ke tempat pelayanan, sementara untuk pendaftaran akan dibantu oleh petugas,” bebernya.

Guna meminimalisir terjadinya pertemuan antara pendaftar satu dengan pendaftar lain hingga berdesak desakan, lanjut Lusiana, pihaknya saat ini menambah petugas pelayanan.

“Untuk pelayanan posyandu sementara masih tutup, untuk itu bidan desa ditugaskan ke Puskesmas. Promosi kesehatan dan gizi juga ikut diperbantukan,” pungkas Lusiana.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here