Lima Destinasi Wisata Baru Akan Dibuka Di Purwakarta

Lima Destinasi Wisata Baru Akan Dibuka Di Purwakarta

Sejumlah tempat wisata baru di Kabupaten Purwakarta akan hadir pada tahun 2020. Bahkan, beberapa destinasi wisata, khususnya milik swasta sudah melakukan pengajuan.


Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana mengatakan, saat ini sudah ada pengajuan lima tempat wisata yang dikelola pihak swasta.

"Ada lima tempat, di sekitar Wanayasa, Bojong, Kiara Pedes. Rata-rata tempat wisata air," Jelas Irfan, Jumat (14/02).

Kendati demikian, destinasi baru yang dibuka pemerintah Kabupaten Purwakarta di tahun 2020, kata dia, sementara hanya Taman Air Mancur Welas Asih.

"Selain itu, kita juga tetap melakukan promosi tempat wisata yang sebelumnya ramai. Jangan sampai setelah ada tempat baru jadi sepi," paparnya.

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Purwakarta Agus Hasan Saepudin menuturkan, pihaknya tak menapik adanya pengurangan jumlah pengunjung, khususnya di Situ Wanayasa semenjak dibukanya tempat wisata baru.

Dirinya menyebut, persoalan menurunnya wisatawan yang datang ke Situ Wanayasa memang berdampak pada penurunan omset para pelaku UKM di wilayah tersebut.

"Kalau ada pihak swasta berminat, kita sangat mendukung dan akan kami fasilitasi bertemu dengan bupati untuk pengembangan wisata," katanya.

Namun demikian, wilayah Kecamatan Wanayasa, kini banyak bermunculan destinasi wisata baru. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang terfokus ke destinasi wisata di wilayah selatan Purwakarta.

"Kalau sekarang kan sudah banyak wisata baru, jadi wajar kalau jumlah wisatawan menurun dan berdampak terhadap para pedagang di sekitar Situ Wanayasa. Nah di tempat lainnya di sekitar kecamatan wanayasa, cukup menjanjikan," pungkasnya.