Arus lalu lintas di Jalan Lengkong, Kota Bandung/RMOLJabar

rmoljabar Memasuki masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB di Kota Bandung, volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung mengalami peningkatan hingga 48 persen dibandingkan pada saat pelaksanaan PSBB.

Wakalantas Polrestabes Bandung, Galih Raditya mengatakan, peningkatan terjadi karena sebagian masayarakat yang diluar Bandung sudah mengetahui Kota Bandung memasuki masa AKB dan sudah ada beberapa tempat pariwisata yang dibuka.

“Sehingga ada peningkatan arus lalu lintas bila dibandingkan saat masa PSBB. Artinya dengan peningkatan ini belum seperti normal pada saat sebelum pandemi meskipun sudah ada peningkatan yang masuk,” tuturnya saat ditemui di Balaikota Bandung, Selasa (30/6).

Selain itu, peningkatan arus lalu lintas terjadi karena adanya pelonggaran akses keluar masuk. Imbasnya mobilitas masyarakat mengalami peningkatan.

Diketahui, volume arus lalu lintas yang masuk ke Kota Bandung pada masa PSBB yaitu 157.889 kendaraan/hari. Sementara volume arus lalu lintas pada masa AKB menjadi 304.726/hari, artinya meningkat 48 persen

Adapun untuk kendaraan yang mendominasi yaitu mobil pribadi, dari 69.471 menjadi 152.363 atau naik 54 persen. Kemudian dilanjutkan oleh motor, dari 74.208 menjadi 124.938 atau naik 41 persen.

“Namun kita tetap melaksanakan pengaturan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi,” imbuhnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here