Mobil Dinas Mangkrak Di Basement Pusat Perbelanjaan, Bapenda: Lahan Parkir Terbatas

Mobil Dinas Mangkrak Di Basement Pusat Perbelanjaan, Bapenda: Lahan Parkir Terbatas

Sejumlah mobil berplat nomor merah berjenis minibus dan sedan ditemukan terparkir di pusat perbelanjaan di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Lokasinya bersebelahan dengan kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar.


 

Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi bodi mobil yang terdiri dari berbagai tipe, seperti Pajero, Inova hingga Altis tampak dipenuhi debu. Kabarnya, mobil-mobil tersebut telah mangkrak sejak 2 tahun terakhir.

Akan tetapi saat dilihat kembali pada Kamis (13/2), mobil-mobil tersebut sudah bersih dari debu. Bahkan, penampakannya seperti mobil yang baru dicuci.

Mobil-mobil tersebut berada di basement satu dan basament dua area parkir. Di basement satu terdapat plang besi berwarna biru bertuliskan ‘Parkir Pegawai Bapenda dan Samsat’.

“Ada yang dua tahunan (mangkrak). Tapi ada juga yang dipakai operasional,” ucap seorang pedagang di basement yang enggan disebutkan namanya, Kamis (13/2).

Dihubungi terpisah, Kepala Bapenda Jabar, Hening Widiatmoko membenarkan, mobil-mobil tersebut adalah kendaraan operional dinas. Pihaknya sengaja menyewa basement karena memiliki keterbatasan lahan parkir.

"Kendaraan yang diparkir di lahan parkir Carrefour dengan cara menyewa dari pengelola Carrefour secara resmi. Karena lahan parkir kami terbatas," kata Hening.

Diakui Hening, penyewaan basement tersebut berlangsung sejak tahun 2018. Pasalnya, saat itu kantor Bapenda Jabar tengah melakukan revitalisasi.

"Sewanya sejak dimulainya pembangunan revitalisasi Bapenda Jabar tahap pertama tahun 2018," ungkapnya.

Hening mengklaim, pihaknya sengaja menyimpan mobil-mobil di basement pusat perbelanjaan karena khawatir kendaraan operasional tersebut tidak terawat saat tak dioperasikan.

"Justru sewa parkir untuk melindungi kendaraan operasional kami dari hujan dan panas sementara lahan parkir eksisting terbatas. Kebetulan ada foto berdebu, memang belum dibersihkan saja," tandasnya.