Mubes Disinyalir Batal Digelar, IKA Muda Unpad Keluarkan Pernyataan Sikap

Mubes Disinyalir Batal Digelar, IKA Muda Unpad Keluarkan Pernyataan Sikap

Ikatan Alumni (IKA) Muda Universitas Padjadjaran (Unpad) mencium indikasi dibatalkannya Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unpad yang seharusnya digelar pada tanggal 11-13 September 2020 di Bandung.


"Hal ini tentunya akan mencederai rasa kekeluargaan, kebanggaan dan solidaritas Unpad," kata Ketua IKA Muda Unpad, Fuad Rinaldi dalam keterangannya, Selasa (8/9).

Atas dasar itu, IKA Muda Unpad menjadi wadah ekspresi alumni muda tahun 2000 menyatakan sikap. Yaitu, IKA Unpad harus menjadi wadah silaturahmi seluruh pemangku kepentingan di Unpad, bukan milik segelintir elite yang hanya mementingkan ego sektoral tanpa memikirkan target Unpad untuk bercokol pada top 3 Universitas di Indonesia.

Selanjutnya, pemilihan ketua IKA Unpad harus terbebas dari money politik yang menjatuhkan harga diri sebagai almamater Unpad secara keseluruhan. Ketua IKA Unpad adalah otomatis menjadi anggota Majelis Wali Amanat, dan seluruh civitas akademika Unpad, dan menolak Ketua IKA Unpad yang hanya mementingkan golongan bukan berbasis kekeluargaan.

"Lalu, mendorong Rektor Unpad sebagai penengah permasalahan di tubuh IKA Unpad, demi terciptanya cita-cita seluruh pemangku kepentingan Unpad," lanjutnya.

Kemudian, IKA Muda Unpad menuntut serangkaian Mubes Unpad diulang agar keterwakilan alumni 2000an (generasi milenial) hingga saat ini terwakili. Setelah itu, mengusulkan agar pemilu raya IKA Unpad digelar dengan sebagaimana mestinya sesuai tradisi demokrasi Unpad.

"Lalu yang terakhir, menuntut ketua IKA Unpad sekarang dan kandidat IKA Unpad untuk fokus pada tujuan Unpad bukan hanya tujuan pribadi semata," tandasnya.