Miftah Farid/RMOLJabar
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang dalam waktu dekat akan rekrut personil bagi badan adhock Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang bulan September 2020 mendatang.

 

Diungkapkan Ketua KPUD Kabupaten Karawang, Miftah Farid, proses rekrutmen akan dilakukan mulai tanggal 15 Januari sampai 14 Februari 2020. Sememtara masa pendaftaran akan di buka selama 7 hari, terhitung sejak tanggal 18 sampai dengan 24 Januari 2020.

Jika diperlukan, kata Farid, pihaknya akan memperpanjangan pendaftaran selama 3 hari, dari tanggal 25 sampai 27 Januari.

“Bagi yang berminat silahkan lengkapi persyaratan dan datang langsung ke kantor KPU” katanya kepada RMOLJabar, Selasa(14/1).

Menurut Farid, PPK sifatnya badan Ad Hoc yang akan bekerja sesuai agenda Pilkada Karawang.

“Dimana, PPK ini akan bertugas di kecamatan masing-masing dengan masa kerja sesuai jadwal penyelenggaraan Pilkada, dengan sistem rekrutmen PPK akan dilakukan secara profesional dan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam PKPU,”ujarnya.

Disinggung soal banyaknya calon PPK yang mendaftar kemudian ada yang masih bekerja di instansi atau lembaga pemerintahan lainnya.

Menurut Farid, hal itu bagi KPU tidak ada masalah karena tidak ada aturan yang melarang PPK rangkap jabatan. Yang terpenting anggota PPK tersebut berkomitmen bisa bekerja penuh waktu.

“Sepanjang memenuhi aturan dan mekanisme yang ada saya rasa tidak masalah meski calon PPK tersebut memiliki pekerjaan lain, namun hal itu balik lagi kepada dimana dia di SK kan (bekerja), boleh atau tidak merangkap jabatan sebagai PPK,”ujarnya.

Farid juga menjelaskan, kaitan 12 PPK yang diduga terlibat jual-beli suara pada Pemilu 2019 lalu, saat ini pihaknya masih sedang melakukan komunikasi dan berkonsultasi dengan KPU Propinsi Jawa Barat.

“Tapi yang jelas PPK sekarang akan jauh lebih baik lagi darsebelumnya,”pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here