Normalisasi sungai Cikalong/Istimewa

rmoljabar Sebagai upaya untuk mencegah banjir tidak kembali terulang, Pemerintah Kota Cirebon melakukan normalisasi Sungai Cikalong, yang berada di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Rabu (15/1).

 

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan, Sungai Cikalong merupakan salah satu sungai yang beberapa hari lalu meluap dan merendam ruas Jalan Ciremai Raya dan sekitarnya hingga ketinggian 50 cm.

Oleh sebabnya, kata Eti, normalisasi perlu dilakukan di sungai tersebut dengan jarak kurang lebih 2 Kilometer, agar banjir tidak lagi terjadi.

“Selain normalisasi Sungai Cikalong, dalam waktu dekat normalisasi Sungai Cipadu juga akan dilakukan. Ini merupakan kerjasama antara Kota dan Kabupaten Cirebon serta BBWS Cimanuk-Cisanggarung,” ungkap Eti.

Selain itu, dirinya menekankan kepada dinas terkait untuk melakukan pemetaan terkait kewenangan pemeliharaan sungai yang ada di kota Cirebon.

“Kalau sudah dipetakan, bisa segera dicari jalan keluarnya ketika tingkat sedimentasi di sungai tersebut sudah tinggi dan aliran airnya tidak normal lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Cirebon, Agung Kemal menjelaskan, berdasarkan tahun lalu, terdapat dua sungai yang menjadi penyebab banjir di kota Cirebon. Diantaranya sungai Cikalong dan sungai Kedungpane.

Ia menambahkan, sejumlah bangunan liar yang ada di sekitar bantaran sungai turut menjadi salah satu penyebab penyempitan aliran sungai.

“Dibutuhkan kerjasama dengan semua pihak untuk bisa segera menormalkan aliran sungai, termasuk dengan masyarakat,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here