Hewan Kurban/Ist

rmoljabar Wali Kota Bandung, Oded M Danial menemukan cacing hati (Fasciola Hepatica) pada ati sapi hewan kurban yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Jalan Arjuna No 45, Jumat (31/6).

“Tadi saya lihat, melihat kualitas sapi yang di potong. Tadi ada ati sapi itu yang terlihat ternyata ada cacingnya,” kata Oded kepada Kantor Berita RMOLJabar.

Petugas Dispangtan Kota Bandung langsung membuang ati sapi yang mengandung cacing tersebut, sebab bisa menyebabkan penyakit diare.

“Karena terlihat dan terperiksa oleh mereka dan langsung dibuang dan tidak dikonsumsi oleh masyarakat,” tutur Oded.

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar membenarkan penemuan cacing hati tersebut. Menurutnya, cacing hati sudah biasa dan menjadi hal yang lumrah ditemukan pada hewan sapi.

“Setelah disembelih diperiksa daging dan isi perut. Biasanya kita periksa, di hati kasus tadi tumbuh cacing. Itu hanya di ambil hatinya aja. Dibagian lain ga ada. Tadi baru pertama 3-4 hati sapi,” terangnya.

Lebih jauh Gingin mengaku, untuk menjamin kesehatan daging kurban. Saat ini Disdagin telah menyebar 100 tim satgas yang akan memeriksa hewan kurban. Tim Satgas sendiri akan bekerja hingga H+3 lebaran Idul Adha.

“Tim satgas 100 orang terutama sekarang banyak peranan dari dokter hewan karena harus bisa melihat secara keseluruhan. Menyasar ke tempat yang menjadi penyembelihan qurban. Walaupun di Kota Bandung cukup banyak,” bebernya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here