Ilustrasi Penggunaan Tapping Box/net
DPRD Kabupaten Purwakarta dorong optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dengan Tapping Box.

 

Tapping Box merupakan alat yang gunakan untuk mencatat  transaksi dari sebuah tempat usaha yang jadi objek pajak  dan bisa dipantau secara online. Tujuannya untuk mencegah manipulasi, sehingga penerimaan pajak daerah menjadi maksimal.

Ketua Komisi II DPRD Purwakarta Alaikassalam mengatakan, tapping box berfungsi merekam data transaksi wajib pajak sehingga terhindar dari laporan internal fiktif karena dapat mengetahui pendapatannya secara riil.

“Bagi pemerintah daerah, alat ini bermanfaat untuk transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efesiensi dalam pemungutan pajak,” kata Alek, kepada awak media, Ahad (12/1).

Menurutnya, tapping box akan menjadi sistem baik untuk meningkatkan PAD, karena bisa terintegrasi dengan sistem online, dan pemerintah bisa menyediakan satu pintu untuk distribusi pajak.

“Keberadaan alat ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan PAD di Purwakarta,” ujarnya.

Selama ini, pihaknya menemukan penyebab rendahnya pendapatan pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB), di antaranya disebabkan oleh pengusaha tambang tidak transparan dalam menghitung pajak.

“Dalam triwulan terakhir, pajak yang diperoleh dari setiap aktivitas pertambangan hanya Rp 8,2 miliar. Sementara target pendapatan untuk sektor ini dipatok Rp55 miliar pertahun,” ujarnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here