Ilustrasi social distancing/Net

rmoljabar Setelah pemerintah mulai menggalakan seruan stay at home atau di rumah saja, sejumlah sekolah maupun perusahaan mulai merumahkan peserta didik dan karyawannya untuk mulai dan menunaikan kewajibannya secara daring.

Hal tersebut berimbas pada lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah.

Begitu kata (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangannya, Selasa (24/3).

Data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10% dibandingkan hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional.

Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. Khusus di Jawa Barat, rata-rata kenaikan trafik data tercatat sebesar 8%, dengan Kabupaten Tasikmalaya mencatat kenaikan tertinggi sebesar 14%.

“Di luar Lebaran dan Natal dan Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data secara nasional yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa,” ujar I Gede.

Layanan data yang paling tinggi secara nasional kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%.

Untuk media sosial, di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah Covid-19, secara nasional kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 %, Instagram 2%, Youtube 3%, dan Twitter 3%. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2%, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19.

“Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 7.6% sampai 8%,” ujarnya.

Layanan percakapan instan seperti Whatsapp secara nasional mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1%, dan Telegram 12%. Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6%, dan streaming film (Netflix, Hooq) 38%.

“Kami akan terus berusaha menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Jawa Barat seiring dengan makin gencarnya upaya pemerintah provinsi dan kota/kabupaten menyerukan social distancing atau tetap tinggal di rumah saja kepada seluruh warga,” tandas Group Head Central Region XL Axiata, Sofia Purbayanti.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here