Sandiaga Uno/RMOLJabar

rmoljabar Politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno menilai stimulus kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) penting diberikan pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, stimulus dapat diberikan berupa bantuan tunai agar usaha mereka bisa tetap berjalan.

“Langkah yang paling jitu adalah bagaimana menghasilkan satu kebijakan yang memberikan aliran dana tunai kepada pengusaha agar mereka bisa bertahan,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/5).

Pemilik PT Saratoga Investama Sedaya Tbk tersebut menjabarkan, para pelaku usaha mau tidak mau akan menggunakan tabungannya untuk bertahan di bulan pertama pandemik. Namun di bulan-bulan berikutnya bukan tidak mungkin mereka menjual asetnya untuk bertahan.

Padahal, kata dia, sekira 97 persen lapangan kerja diciptakan pengusaha di sektor UMKM.

‘Kalau dia (pengusaha) sudah jual aset pengusaha ini, maka akan mengurangi kemampuan mereka berproduksi,” lanjutnya.

Pengusaha nasional tersebut melanjutkan, setidaknya pemerintah bisa menerapkan program cash is king, atau bantuan tunai ke pelaku UMKM agar memberikan semacam oksigen kepada mereka untuk bertahan, misalnya kredit pemulihan ekonomi sekitar Rp 50 juta agar bertahan setidaknya tiga bulan ke depan.

“Ketika fasilitas itu diberikan kepada pengusaha, saya kira cukup yakin bisa mengalahkan krisis pandemik Covid-19. Krisis kesehatan sudah teratasi, begitu ekonomi kita bangkit kembali, sektor UMKM akan menjadi lokomotif bangkitnya ekonomi pasca Covid-19,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here