Ilustrasi/RMOLJabar

rmoljabarSebanyak 252 orang Mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas di Indonesia, gelar seminar online terkait eksistensi pendidikan di masa pandemi covid-19.

Diskusi onlineĀ  ini, di selenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik, STAI Miftahul Huda Subang, minggu (14/6) malam.

Ketua STAI Miftahul Huda Subang Muchamad Rifki M.pd., M.Pd.I yang juga sebagai pemateri, menyampaikan bahwa pendidikan harus tetap eksis, meskipun dengan banyaknya kekurangan dan ketidaksiapan pemerintah dalam menyelesaiakan permasalahan pendidikan di masa pandemi.

” Meskipun secara daring ini adalah solusi untuk tetap eksis kegiatan pendidikan, namun masih banyak kekurangan, jika melihat daripada negara yang sama terkena pandemi, tapi mereka mempersiapkan segalanya untuk pendidikan tetap efektif” ungkap Rifki, melalui materi yang disampaikannya.

Saat sesi tanya jawab terungkap, mahasiswa sudah mulai jenuh dengan aktivitas di rumah saja. Disisi lain mahasiswa juga berharap pemerintah bisa memastikan pendidikan dimasa pandemi covid 19 tak menimbulkan masalah baru.

Didin, Mahasiswa asal STAI Miftahul Huda Subang, mempertanyakan kesiapan pemerintah melalui Kemendikbud menyiapkan standar pendidikan dimasa pandemi covid-19 , supaya pendidikan di Indonesia tidak hanya sekedar formalitas.

“Kemendikbud seolah latah, mati akal dan kehabisan daya kreasi untuk mengahadirkan pembelajaran yang tidak hanya inovatif tapi juga memastikan semua Standar Nasional Pendidikan dapat tercapai meski dalam situasi pandemic seperti sekarang. Hal ini menjadi satu parameter bahwa teori yang diajarkan di sekolah kebanyakan hanyalah sebuah narasi ceramah minim bahkan tanpa aplikasi.” ujar Didin dalam tulisannya.

Selajutnya Didin juga menulis dalam seminar online, yang dalam tulisanya menjelaskan permasalahan pendidikan di Indonesia.

” Bukan hanya Covid-19 yang membuat wajah dan masa depan pendidikan kita menjadi tidak menentu. Bukan baru hari-hari ini saja, kita mengeluhkan realitas pendidikan kita. Tapi sejatinya sudah sejak lama permasahalan pendidikan kita di Indonesia belum terselesaikan mulai dari permasalahan pendidikan yang muncul dari perspektif sistemnya sampai permasalahan pendidikan yang muncul sebagai suatu sistem yang kompleks” ungkapnya, melalui tulisan dalam seminar online.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here