Toni Permana/RMOLNetwork

rmoljabar Politisi Nasdem Kabupaten Bandung, Toni Permana mengusulkan agar pemerintah daerah (Pemda) menyiapkan lahan khusus untuk mengelola limbah B3.

Pasalnya, lanjut Toni, jika limbah B3 bisa dikelola dengan baik tentu dapat menjadi salah satu potensi untuk menambah dan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi ini (skema pengelolaan limbah B3) bisa dibangun atau dibentuk oleh BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) ataupun dinas terkait,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (19/6).

Peluang tersebut, kata Toni, bukan tanpa alasan. Sebab di wilayah Kabupaten Bandung begitu banyak perusahaan industri dan rumah sakit yang setiap hari mengeluarkan limbah B3.

“Tentu ini merupakan bisnis besar yang bisa menghasilkan banyak uang,” ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung dari Komisi C tersebut.

Menurutnya, kesempatan mengelola limbah B3 cukup besar sebab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sendiri salah satu dinas yang mendapat suntikan dana besar di APBD.

“Bahkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, meski anggarannya ada yang berkurang. tapi bisa tertutupi sumber anggaran dari pusat, jadi semuanya masih balance,” jelas Toni.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here