Herdiat Sunarya/RMOLJabar

rmoljabar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis saat ini tengah mempersiapkan pemakaman khusus bagi korban virus corona baru atau covid-19. Kebijakannya pun sudah disiapkan sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Barat,

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah mengeluarkan Instruksi Nomor 469/460-DPRKPLH.03 tentang Penyediaan Tempat Pemakaman untuk Pasien/Korban Corona Virus Disease (Covid-19).

Di dalam surat instruksi tersebut, Herdiat memerintahkan Camat, Kepala Desa, serta Lurah se-Kabupaten Ciamis agar menyediakan lahan khusus untuk pemakaman korban virus corona. Karena nanti pasien atau korban akan disemayamkan sesuai dengan alamat di kartu tanda penduduk (KTP).

Selain itu, Herdiat juga mengintruksikan Camat, Kepala Desa, dan Lurah, agar mengedukasi masyarakat terkait dengan pemulasaran jenazah korban virus asal China itu.

“Menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai protokol pemulasaraan jenazah pasien/ korban Covid-19,” ujar Herdiat di dalam surat instruksinya, Senin (6/4).

Lalu, Camat, Kepala Desa, dan Lurah juga harus mempersiapkan petugas pemakaman untuk melaksanakan pemakaman sesuai protokol pemulasaran jenazah pasien/korban virus corona.

Kemudian, Camat, Kepala Desa, dan Lurah juga harus melengkapi petugas pemakaman dengan alat pelindung diri (APD) sesuai standar World Health Organization (WHO).

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here