Pemkab Jadikan Gedung Islamic Center Ciamis Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Strategi menghadapi situasi terburuk akibat cirus corona (Covid-19) sudah dipersiapkan Pemkab Ciamis. Salah satunya menyiapkan tempat isolasi bagi pasien terdampak Covid-19.


Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Ciamis, dr. Bayu Yudiawan mengatakan, Pemkab sudah membenahi gedung Islamic Center Ciamis yang berlokasi di Jalan Iwa Kusumasumantri, untuk menjadi tempat isolasi.

"Ciamis sudah menyiapkan beberapa gedung dan fasilitas untuk isolasi pasien, diantaranya gedung Islamic Center Ciamis," kata Bayu, Selasa (6/4).

Dia mengungkapkan, banyaknya pemudik membuat Pemkab Ciamis harus segera bertindak cepat dan meminimalisir kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

"Banyak pemudik dari zona merah sehingga skenario tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari," ucapnya.

Kendati demikian, jumlah perantau yang kembali ke Ciamis sudah berkurang sejak diberlakukan status karantina lokal terbatas. 

"Ada penurunan pemudik meski akumulasi sudah mencapai 20.000 orang. Di banding pada hari libur nyepi, saat ini terjadi penurunan. Setiap harinya paling di 100-200 pemudik saja," katanya.

Maka dari itu, Bayu meminta masyarakat Tatar Galuh tetap berada di rumah apabila tidak ada kepentingan mendesak. Semua kalangan harus mendukung imbauan pemerintah supaya pandemi corona cepat berakhir.

"Lebih baik, kalau tidak penting-penting amat tidak usah keluar rumah. Kita dukung imbauan pemerintah agar  cepat selesai," ujarnya.