Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya/RMOLJabar

rmoljabar KPU Kabupaten Bandung mengharapkan para pengurus RT/RW (Rukun Tetangga/Rukun Warga) bisa berperan aktif dalam membantu proses pendataan pemilih untuk kebutuhan Pilbup Bandung 2020.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya menilai pengurus RT/RW punya peran sentral dalam mendukung kesuksesan jalannya tahapan pendataan yang saat ini tengah maraton dilakukan di kewilayahan.

“RT/RW sebenarnya bisa turut melakukan pengecekan terhadap pemilih yang terdaftar dalam formulir model A-KWK dan model A.A-KWK yang merupakan data pemilih,” ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (1/8).

Jika masih ada data pemilih yang tidak cocok, keliru, atau tidak lengkap, lanjut Agus, pengurus RT/RW bisa berkoordinasi dengan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) memperbaiki sesuai KTP-el, KK, atau suket.

“Seandainya RT/RW menemukan masih ada warga yang belum terdaftar (jadi calon pemilih) nanti setelah koordinasi PPDP akan mendatangi rumah pemilih untuk men-coklit (pencocokan dan penelitian) ulang,” jelasnya.

Agus pun memandang unsurnya bersama pengurus RT/RW membutuhkan komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah data pemilih termasuk ketika menghadapi pemilih yang tidak diketahui keberadaannya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here