Penyebaran Covid-19 Sudah Transmisi Lokal, Keluarga Jadi Klaster Baru Di Garut

Penyebaran Covid-19 Sudah Transmisi Lokal, Keluarga Jadi Klaster Baru Di Garut
Helmi Budiman/RMOLJabar

Masyarakat Kabupaten Garut diminta mewaspadai kemunculan Covid-19 dari klaster keluarga. Pasalnya sudah ada 12 keluarga yang terpapar virus corona.


Klaster keluarga jadi klaster baru yang jadi perhatian Pemkab Garut. Tren kasus positif Covid-19 pun kini telah bergeser ke transmisi lokal.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut, saat ini kebanyakan penyebaran Covid-19 sudah berasal dari transmisi lokal. Hal itu dibuktikan dengan penyebaran virus corona dari anggota keluarga.

"Sudah ada 12 keluarga yang sekarang menjalani perawatan di rumah sakit. Namanya klaster itu di atas dua orang. Salah satunya dari Wanaraja itu sampai empat orang," pungkas Helmi, Rabu (16/9).

Penyebaran dari anggota keluarga, lanjutnya, harus sangat diwaspadai. Apalagi jika orang yang terpapar tak memiliki gejala. Secara tak sadar bisa menularkan virus corona ke keluarganya.

"Makanya perlu menjaga kebersihan diri. Sering cuci tangan dan pakai masker," katanya.

Saat ini pihaknya lebih ketat jika ada orang yang ditemukan positif Covid-19. Pasien tersebut harus langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani isolasi.

"Kalau mau ada yang isolasi mandiri, harus ada ruangan terpisah. Anggota keluarganya pakai hazmat. Tapi sekarang kami sarankan untuk isolasi di rumah sakit," ujarnya.