Percasi Dan Disdik Cari Bibit Unggul Atlet Catur

Percasi Dan Disdik Cari Bibit Unggul Atlet Catur

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menggelar Turnamen Catur antar pelajar tingkat Sekolah Dasar dan SMP se-Kabupaten Purwakarta, di Aula Bale Guru Linuhung – Kompleks Kantor Dinas Pendidikan Purwakarta.


Turnamen ini diikuti oleh para pelajar SD dan SMP yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat kecamatan, juga dihadiri Natasya Mulya Dewanti (15), peraih juara terbaik putri (best lady) dan Juara 2 Catur Cepat di Johor Open Malaysia yang mempresentasikan catur simultan melawan 7 orang peserta SMP.

Ketua Panitia kegiatan, Muhammad Nursodik menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melahirkan bibit catur unggul yang bisa mengharumkan nama Purwakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Kami berharap di masa yang akan datang ada pecatur lain sehebat Natasya yang bisa tembus di kancah Internasional,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto menuturkan, catur adalah salahsatu olahraga yang me-masyarakat. Untuk itu, olahraga ini jangan sampai kehilangan atensi. Minimal, di setiap sekolah harus ada papan catur yang bisa dimainkan oleh para siswa.

"Olahraga ini sangat mudah dan murah. Mudah, karena tidak memakan tempat yang besar. Murah, karena harganya tergolong ekonomis. Mestinya setiap sekolah bisa memiliki papan catur. Sehingga, para siswa bisa main dan belajar strategi-strategi baru dengan teman-temannya. Catur mencerdaskan,” bebernya.

Lebih lanjut, Purwanto juga menyinggung soal prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Natasya Mulya Dewanti, atlet catur gemilang asal Purwakarta .

"Kita patut berbangga karena mempunyai Atlet Catur Putri asal Maniis yaitu Natasya Mulya Dewanti yang telah berhasil menjuarai diberbagai event baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa lahir atlet-atlet catur berprestasi lainnya dari Purwakarta yang siap berlaga baik itu d tingkat Nasional maupun internasional. Saya berharap, kegiatan turnamen seperti ini bisa diadakan rutin setiap tahun. Minimal sekali setiap tahun,” pesannya.