Jumlah perempuan yang menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui Tokopedia terus meningkat. Peningkatan terjadi sepanjang tahun 2023 di sejumlah daerah dengan angka 2,5 kali lipat.
Data tersebut dikutip Tokopedia berdasarkan hasil riset LPEM FEB UI 2020. Dari data tersebut, daerah-daerah yang mengalami kenaikan tertinggi, yakni Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar.
"Jumlah perempuan pelaku usaha rata-rata meningkat lebih dari 2,5 kali lipat. Artinya, keterlibatan perempuan di sektor wirausaha, dalam hal ini melalui Tokopedia, makin meningkat dari waktu ke waktu,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega, Jumat (19/4).
Atasa dasar itu, Tokopedia dan Shop | Tokopedia terus melakukan berbagai inisiatif untuk mendorong partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan. Contohnya dengan menghadirkan Kelas Perempuan Maju Digital.
"Ini adalah program kolaborasi dengan pemerintah daerah yang berfokus pada pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM," bebernya.
Selain itu, ada juga Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia untuk mengedukasi perempuan pelaku UMKM agar makin tumbuh dan berkembang.
"Serta Beli Lokal Spesial Hari Kartini, dengan promo spesial Hari Kartini yang memungkinkan masyarakat berbelanja produk fesyen hingga kecantikan lebih hemat karena ada diskon khusus," tutur Antonia.
© Copyright 2024, All Rights Reserved