PKS Minta Pemda Pantau Kepatuhan Warga Soal Surat Edaran Pencegahan Covid-19

PKS Minta Pemda Pantau Kepatuhan Warga Soal Surat Edaran Pencegahan Covid-19

Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bandung meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) memantau sejauh mana kepatuhan warga mengaplikasikan soal surat edaran pencegahan virus corona atau covid-19.


Anggota Fraksi PKS di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Dasep Kurnia berharap ada ketegasan dari pihak pemerintah. Sebab banyak warga yang masih menghiraukan surat edaran tersebut.

Menurut Anggota Komisi B itu, salah satu yang harus dipantau terkait penerapan social distancing (menjaga jarak) sementara waktu saat beraktifitas sekarang ini. Petugas di lapangan perlu mengawasi tentang itu.

"Bahkan bila perlu dibuat regulasi yang memuat sanksi-sanksi yang dengan tegas diberikan bagi setiap pelanggaran yang ditemukan termasuk menghiraukan soal larangan menjauhi keramaian," ujarnya, Senin (23/3).

Sebetulnya jika melihat saran dan anjuran pemerintah yang saat ini tercantum dalam surat edaran, kata Dasep, secara signifikan bisa terasa manfaatnya bila diikuti termasuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Masyarakat bisa menjadi bagian dari cara pencegahan seperti tetap berdiam di rumah, menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, menjaga jarak satu sama lain, kemudian menggunakan alat pelindung diri," jelasnya.

Secara pribadi Dasep juga setuju langkah sterilisasi lingkungan dengan penyemprotan disinfektan. Walau upaya itu tidak menjadi jaminan utama wilayah yang disemprot bisa bebas dari paparan virus corona (covid-19).

"Penyemprotan disinfektan itu hanya bersifat sementara, tidak permanen menghilangkan virus corona. Semua tergantung dari masyarakatnya sendiri, apakah mau mengikuti anjuran pemerintah?" tandasnya.