Polres Garut Tangkap Pelaku Pencuri Mobil Asal Bandung

Seorang pelaku pencuri mobil berinisial GO (31), warga Bandung yang melakukan aksi pencurian di Bandung berhasil ditangkap polisi lalu lintas (Polantas) di Kabupaten Garut, Rabu (9/9).


Pelaku berhasil ditangkap setelah diketahui tidak mengetahui jalanan di kawasan Kabupaten Garut saat dikejar petugas.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Garut, AKP Asep Nugraha mengatakan, awalnya pihaknya menerima informasi dari grup whatsapp tentang adanya mobil hasil curian di Bandung memasuki Garut.

"Menerima informasi itu kami menyebar anggota di jalur-jalur yang diperkirakan akan dilewati oleh pelaku pencurian," ujarnya, Rabu (9/9). 

Saat dilakukan pencarian, lanjut Asep, pihaknya menerima informasi bahwa pelaku diketahui hendak menjual mobil curiannya di beberapa showroom mobil namun ditolak pemiliknya. 

Menerima informasi tersebut, pihaknya meminta agar pemilik showroom mengikuti pelaku sambil pihaknya menyiapkan anggota untuk ikut melakukan pengejaran.

"Setidaknya ada beberapa showroom yang sudah pelaku datangi dengan tujuan menjual mobil itu. Awalnya pemilik showroom memang percaya, karena pelaku ini mencuri mobil berikut STNK dan BPKBnya," katanya.

Setelah beberapa saat melakukan pengejaran, pelaku mengarah ke wilayah Kecamatan Karangpawitan, tepatnya di perumahan Suci Permai. Pelariannya diketahui oleh polisi lalu lintas. 

Pelaku pun terjebak di jalanan buntu, sehingga akhirnya bisa ditangkap langsung berikut barang bukti kendaraan, BPKB, STNK, hingga SIM dan KTP pemilik kendaraan.

"Jadi dari info yang kami terima, pelaku ini kemarin (8/9) sore awalnya melakukan pertemuan dengan pemilik kendaraan dengan tujuan untuk jual beli kendaraan dengan plat nomor D 1370 VCG. Saat pelaku mengecek kendaraan berikut surat-suratnya, pelaku langsung kabur menggunakan kendaraan tersebut. BPKB, STNK, SIM, KTP, semuanya ada di dalam mobil," jelasnya.

Lokasi kejadiannya sendiri, disebut Asep berada di kawasan Kopo Bandung. Korban, disebutnya sudah melakukan laporan resmi kepada pihak kepolisian setempat, tepatnya di Polsek Margaasih. 

"Selanjutnya pelaku ini kami serahkan ke Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut untuk proses selanjutnya," tutupnya.